Depok – PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) Tbk dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menjalin kemitraan strategis dalam penyediaan fasilitas pinjaman dua tahap (two-step loan) kepada PT Japan Indonesia Economic Center (PT JIAEC). Penyediaan fasilitas pinjaman dua tahap merupakan yang pertama kali dilakukan JICA kepada sektor swasta melalui bank swasta, yakni BII.

Dalam kemitraan strategis ini, dengan sumber pendanaan dari JICA melalui program Private Sector Investment Finance (PSIF), BII menyediakan pinjaman berjangka sebesar 80 juta yen kepada PT JIAEC. Pinjaman berjangka waktu 10 tahun ini akan digunakan PT JIAEC untuk membiayai pembangunan gedung pusat pelatihan (trainee) yang berada di Depok, Jawa Barat.

Direktur Business Banking BII, Jenny Wiriyanto, menjelaskan, pemberian pinjaman ini selaras dengan misi BII yaitu humanising financial services, khususnya dalam menyediakan akses yang mudah dan memberikan nilai tambah kepada generasi muda bangsa.

“Ini merupakan wujud komitmen BII yang secara tidak langsung mendukung upaya pengembangan sumber daya manusia Indonesia menjadi tenaga kerja terlatih yang handal,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Jumat (12/6).

PT JIAEC bergerak di bidang pelatihan tenaga kerja dan agen bagi tenaga kerja non-terampil (umumnya lulusan sekolah teknik menengah) yang akan dilatih di Jepang sebagai tenaga pelatihan, di mana sebagian besar akan bekerja di beberapa pabrik di Jepang.

Setelah menamatkan pelatihan praktik selama tiga tahun di Jepang, siswa pelatihan akan kembali ke Indonesia dan umumnya akan dipekerjakan sebagai tenaga ahli dan atau pengawas (supervisor) di anak perusahaan terkait di Indonesia.

Menurut Jenny, BII memiliki komitmen untuk terus melayani komunitas internasional, termasuk komunitas warga Jepang yang mengembangkan bisnis di Indonesia, dengan membentuk unit International Strategic Business (ISB) Japan Desk, yang menyediakan layanan perbankan mulai dari konsumer hingga korporasi.

ISB Japan Desk sangat aktif dalam menjalin kemitraan strategis dengan bank-bank Jepang. ISB menyediakan produk dan layanan perbankan yang memenuhi baik kebutuhan finansial individu maupun korporasi.

PR/Gita Rossiana/EPR
Investor Daily

Sumber : BeritaSatu