01 Jul 2015
July 1, 2015

Bahasa Jepang

Artikel

Learning Japanese

Sebelum berangkat ke Jepang, tentunya anda diharapkan sudah menguasai Bahasa Jepang. Setidaknya untuk kehidupan sehari-hari. Penguasaan bahasa Jepang sangat diperlukan karena kebanyakan orang Jepang tidak mengerti bahasa asing. Meskipun ada orang Jepang yang bisa bahasa inggris, namun biasanya logat bicara mereka Jepang sekali sehingga sulit untuk menangkap pembicaraan mereka.

Bahasa Jepang yang dipelajari orang asing adalah Bahasa Jepang standar. Maksudnya adalah Bahasa Jepang yang dapat dimengerti oleh seluruh orang Jepang di manapun. Pada prakteknya nanti mungkin anda akan menemukan perbedaan-perbedaan antara apa yang anda pelajari dengan  bahasa yang mereka gunakan. Hal ini dapat terjadi karena hampir setiap daerah di Jepang memiliki hoogen atau dialek, sebagaimana bahasa daerah di Indonesia. Karena macamnya sangat banyak dan setiap tempat memiliki kata-kata khusus, maka hoogen tidak diajarkan dalam pelajaran Bahasa Jepang. Namun jangan khawatir karena mereka tetap akan mengerti jika anda berbicara dengan menggunakan bahasa standar.

Selain itu, sebagai bahasa percakapan, tentu banyak ungkapan-ungkapan yang tidak anda pelajari dari buku. Janganlah ini dijadikan kendala karena anda dapat mempelajarinya sendiri secara otodidak dengan cara banyak-banyak bergaul dengan orang Jepang.

Bahasa yang digunakan di tempat kerja, terutama di pabrik mungkin juga akan dirasakan berbeda dengan bahasa yang dipelajari. Bahasa yang digunakan di pabrik terdengar kasar dan menggunakan kata-kata tidak standar. Mereka tidak mungkin mengucapkan kalimat lengkap karena mereka harus mengucapkannya dengan lantang dan cepat.

Ketika berbincang-bincang mungkin anda akan menangkap kesan orang Jepang bicaranya cepat sekali. Jangan heran karena tentu saja mereka menguasai bahasa Jepang. Seperti orang Indonesia dan orang-orang di negara lain yang ketika bercakap-cakap dengan temannya akan berbicara dengan cepat. Jika anda tidak dapat menangkap pembicaraan orang itu, jangan ragu-ragu untuk berkata “motto yukkuri hanashite/itte kudasai“.

Bahasa Jepang yang anda pelajari selama masa training dinilai cukup untuk digunakan sebagai bekal berkomunikasi di Jepang karena telah mencakup segala aspek dan situasi dalam kehidupan. Pengembangan selanjutnya tergantung dari keaktifan anda dalam berbicara dengan orang Jepang secara langsung. Janganlah menjadikan bahasa sebagai kendala anda untuk bekerja dengan baik dan menikmati kehidupan di Jepang.