BATAM, klik – 45 orang alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Batam mengikuti seleksi magang kerja di Jepang. Program ini dilaksanakan oleh SMK N 1 Batam.

Kepala Sekolah SMKN 1 Batam, Lea Lindrawijaya Suroso melalui Humas, Junaidi menjelaskan, seleksi ini terbuka untuk umum dari seluruh SMK di Batam, dengan usia di bawah 22 tahun. Mereka akan di seleksi oleh tiga staf dari PT. Japan Indonesian Economic Centre (JIAEC), yang berkedudukan di Depok, Jawa Barat.

“Kami bekerjasama dengan PT. JIAEC selaku perusahaan yang membidangi rekrutmen pendidikan kerja magang ke negeri Jepang,” ujarnya, Sabtu (23/04).

Dia melanjutikan, selama proses seleksi peserta akan diberikan materi selama tiga hari oleh ketiga mentor tersebut. Setelah itu, peserta yang memenuhi syarat akan mengikuti training di Jakarta selama 4 bulan.

“Untuk kuota peserta yang lulus seleksi tidak kami batasi, selama mereka memenuhi syarat, akan kita loloskan. Ini adalah program pertama kami, maka dari itu peserta belum terlalu banyak. Yang saya harapkan, kedepannya peserta akan terus bertambah,” harap Junadi.

Sementara itu, Manajer Rekrutmen Reguler PT. JIAEC, Teten Mangku Sapuan mengungkapkan, peserta akan melalui beberapa seleksi berupa materi fisik, tertulis dan wawancara.

“Setelah itu, hasil tes akan kami bawa ke Jakarta untuk di nilai. Bagi mereka yang memenuhi syarat dan dinyatakan lulus, akan langsung menjalani training bahasa, budaya dan lainnya selama 4 bulan, baru diberangkatkan ke Jepang untuk menjalani magang pendidikan latihan kerja selama 1 bulan, sebelum kontrak kerja selama 3 tahun,” jelas Teten kepada keprinet.com.

Muflih(21), alumni SMK N l tahun 2012/2013 berharap dirinya bisa lulus seleksi dan berangkat ke Jepang.

“Sehingga di sana nanti saya bisa mendapatkan lebih banyak ilmu dan mendapatkan pekerjaan, sekaligus bisa memperkenalkan budaya Indonesia,” kata Muflih.

Sumber : Keprinet.com