OASENEWS.com – Sebanyak 387 siswa-siswi SMK Perguruan Cikini (Percik) menjalani prosesi wisuda di lapangan SMK Percik, Jalan Alur Laut Blok NN No. 1 Plumpang Jakarta Utara pada 29 Juni 2019.

Jumlah peserta wisuda tersebut berasal dari 68 siswa Teknik Pemesinan (TP), 137 siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), 21 siswa Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), 31 siswa Teknik Elektronika Industri (TEI), 25 Teknik Audio Video (TAV), dan 105 siswa Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Prosesi ini dipimpin langsung oleh Kepala SMK Percik, Rifat dengan dihadiri perwakilan dari berbagai mitra Industri, Dinas Pendidikan, Yayasan Perguruan Cikini, Alumni, Tokoh Masyarakat dan stakeholder SMK Perguruan Cikini.

Dalam sambutannya, Rifat menyampaikan, banyak lulusan SMK Percik yang diterima di berbagai perusahaan baik nasional maupun internasional.

“Banyak lulusan SMK Perguruan Cikini yang terserap di dunia Industri seperti PT. JIAEC,” katanya.

Tahun ini pun, lanjutnya, sebanyak 12 siswa akan diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti pemagangan di berbagai perusahan di Jepang. “Beberapa perusahan yang lain seperti PT Denso, PT. Indofood, PT. ADM, UD Trucks dan lain-lain,” imbuhnya.

Ia pun berpesan agar para alumni tetap menjaga nama baik almamater dan ikatan alumni. “Berjuanglah wahai anak-anaku untuk menggapai cita-citamu. Kami selalu mendoakan yang terbaik untuk kesuksesan kalian,” pungkasnya.

Acara ini turut dimeriahkan berbagai pentas seni seperti penampilan band, Marawis, Angklung, gamelan dan lain-lain.

Turut hadir dan menyampaikan sambutan dalam kesempatan itu adalah perwakilan dari PT JIAEC yang diwakili oleh Tenten Mangku Sapuan. Tenten menyampaikan bahwa ada tiga hal yang disiapkan dalam menghadapi dunia industri yakni SIM (Sikap, Integritas, dan Mental).

Ia kemudian menjelaskan tiga poin tersebut. Pertama, sikap. Anak harus punya sikap baik kepada semua karyawan dan atasan.

“Kedua adalah integritas. Bahwa anak mempunyai sikap kejujuran dan tindakan-tindakan yang konsisten sehingga mempunyai karakter yang baik,” jelasnya.

Selanjutnya mental. Menurutnya, anak harus memiliki yang baik, tidak mudah menyerah dan selalu berusaha serta mampu kerja keras, kerja cerdas, kerja selamat dan kerja manfaat.

Source : https://www.oasenews.com/tahun-ini-smk-percik-wisuda-387-siswa/