Bojonegoro, Bhirawa
Upaya pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Bojonegoro tak hanya menyiapkan tenaga terampil yang siap didunia kerja, namun menjalin dengan perusahaan terus dilaksanakan. Pasalnya dengan menjalin kerjasama diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.
Terlebih bagi siswa bisa difasilitasi untuk direkrut menjadi karyawan diperusahaan.

Seperti jalin kerjasama SMKN 4 Bojonegoro dengan PT JIAEC (Japan Indonesian Economic Center)yang berkunjung guna merekrut lulusan sekolah setempat. Kunjungan PT JIAEC ini melakukan seleksi bagi siswa SMK Negeri 4 Bojonegoro yang bekompeten untuk disalurkan menjadi karyawan di salah satu perusahaan yang ada di Jepang.

Pada kesempatan seleksi itu, tidak hanya siswa SMK Negeri 4 Bojonegoro yang diberikan peluang seleksi menjadi tenaga kerja, namun juga diikuti dari siswa SMK Negeri lain seperti siswa dari SMK Negeri 3 Bojonegoro, SMK Negeri Dander, SMK Negeri Ngraho dan para Alumni SMK Negeri 4 Bojonegoro.

Menurut Kepala SMK Negeri 4 Bojonegoro, Edy Yusuf Joko Mulyono, acara seleksi rekrutmen tenaga kerja PT JIAEC ini, diikuti sebanyak 108 siswa khususnya siswa kelas XII dan setelah lulus sekolah bisa langsung menjadi tenaga kerja di perusahaan itu.

Edy Yusuf menjelaskan, jalinan kerjasama dengan berbagai perusahaan terus ditingkatkan. Pasalnya dengan menjalin kerjasama, pastinya banyak memberikan manfaat bagi siswanya seperti halnya perusahaan bisa membuka peluang kerja bagi siswa yang saat ini tengah melakukan seleksi perekrutan.

“Pastinya, seleksi rekrutmen tenaga kerja ini difasilitasi oleh Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 4 Bojonegoro dan PT JIAEC Surabaya yang berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (18 – 19/12), di Aula SMKN 4 Bojonegoro,” tutur pria yang disapa Edy Yusuf.
Edy Yusuf menambahkan, antusiame siswa sangat luar biasa, pasalnya kini sudah masuk tahapan seleksi rekrutmen yang langsung ditangani pihak PT JIAEC. Usai pelaksanaan ini pihak PT JIAEC nanti akan memilih siswa mempunyai skill yang nantinya bakal menjadi karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Seleksi karyawan dihadiri juga Kepala Disperinaker Bojonegoro dan perwakilan PT JIAEC serta Kepala SMK Negeri 4 Bojonegoro dan BKK SMK Negeri 4 Bojonegoro.

“Semoga dengan adanya informasi bursa tenaga kerja ini membuat siswa peserta itu dapat termotivasi, sehingga usai lulus sekolah nanti bisa langsung mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja secara langsung,” pungkasnya.

Source : https://www.harianbhirawa.co.id/siswa-smk-ikuti-rekrutmen-tenaga-kerja-pt-jiaec/