Sukabumi, 27 – 28 Oktober 2020 di Aula SMKN 1 Sukabumi digelar kegiatan workshop selama dua hari dalam rangka  peningkatan Sumber Daya Manusia Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) yang dikuti 35 peserta dari 26 SMK negeri dan swasta  di kabupaten dan kota Sukabumi. SMKN 1 Sukabumi merupakan satu dari 80 SMK di Indonesia yang mendapatkan bantuan dari Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pelaksanaan PPKS tersebut dengan melaksanakan berbagai kegiatan salah satu diantaranya adalah Workshop seperti diutarakan oleh Shinta Nurhayati, S.Pd., M.Si  ketua BKK SMKN 1 Sukabumi yang bertugas  sebagai panitia. 

SMKN 1 Sukabumi mengundang narasumber untuk mengisi workshop tersebut di hari pertama sebagai narasumber adalah Dr.Hj. Nonong Winarsi, S.Pd., M.Pd selaku KCD Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat, yang kedua  dari pemerintah kota Sukabumi  Dra. Yemmi Yohanni, M.Pd sebagai sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi.  Workshop hari kedua dengan narasumber dari Industri dan Dunia Kerja(Iduka) adalah Tenten Mangku Sapuan selaku HR Manajer Rekrutmen PT JIAEC yang telah banyak bermitra dengan  SMK di Sukabumi sebagai sumber rekrutmen pemagangan ke Jepang,  dan   narasumber dari dunia pendidikan Andrieta Shintia Dewi selaku Manajer Pengembangan Karir Telkom University.

Narasumber dari Iduka Tenten  Mangku Sapuan menyampaikan materi  yang integral, sistematis, metode yang terukur, aplikatif, sesuai kebutuhan dan zamannya.  Disampikan dari mulai  input siswa masih SMK, karakteristik siswa milenial, bersinergi dengan siswa di digital dan persiapan berhadapan dengan generasi alpha.  Dalam workshop untuk PPKS tersebut disampikan oleh Tenten panggilan akrabnya, beberapa peran PPKS/BKK SMK dalam bekerjasama yang sinergi dengan Iduka serta strategi link and match atau nikah masal antara SMK dengan Iduka, dimulai dari awal PPDB bahkan menyampaikan persiapan masuk SMK ke level sebelumnya yaitu SMP. Sebagai narasumber dari Iduka Tenten Mangku Sapuan yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun dibidang rekrutmen training dengan seritifat CHRM dari BNSP menyampaikan pesan strategi untuk mudah di ingat dan diaplikasikan dari kelas X adalah waktunya menanam minat siswa, kelas XI adalah untuk memupuk dan merawat minat siswa, dan kelas XII menjelang kelulusan adalah waktunya panen memetik hasil  dimana siswa yang berminat bekerja dapat masuk diterima dunia kerja, atau yang berminat melanjutkan pendidikan dapat diterima di perguruan tinggi  dan  siswa yang memilih berwirasusaha dapat berwirausaha. Sesuai dengan arahan dari pemerintah baik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ataupun dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Tenten Mangku Sapuan juga memberikan paparan praktis untuk PPKS/BKK strategi  mempersipakan SDM lulusan SMK  sejak persiapan di dalam kelas proses belajar sampai lulus dan memasuki dunia kerja. Lebih dalam lagi Tenten menyampaikan repeat order dari Iduka ke PPKS/BKK SMK setiap waktu menerima alumninya karena ada sinergi yang berkesinambungan.  Pada workshop tersebut Tenten Mangku Sapuan menjabarkan peluang dan tantangan menempatkan lulusan SMK yang milenial ini kedunia kerja salah satu peluang yang besar adalah program pemagangan ke Jepang, seperti SMK  – SMK yang telah berkerja sama dengan PT JIAEC. SMKN 1 Sukabumi telah menjalin kerjasama dengan PT JIAEC sejak 2002, dikuti oleh SMK lainnya di kota dan kabupaten Sukabumi. 

Pelaksanaan workshop berjalan penuh antusias dari peserta, dimana tanya jawab dari waktu yang disediakan oleh moderator Tutus Rektono Wahyuningrum, M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang hubungan industri, untuk tanya jawab menjadi 60 menit dari jadwal sebelumnya 30 menit. Dalam kesimpulan yang di bacakan oleh ibu Tutus panggilan khas dari siswanya tersebut,  mengisyaratkan agar dapat berlanjut diskusi dan pembahasannya untuk lebih bersinergi antar Iduka dan SMK dalan rangka mempersiapkan siswa dan lulusan SMK memasuki dunia kerja. Kesimpulan kedua moderator menyampikan agar  hasil workshop PPKS tersebut dapat bermanfaat dan diaplikasikan sesuai dengan materi yang diberikan narasumber.

 

Penulis : Tenten Mangku Sapuan