Para Staf & Karyawan PT JIAEC yang saya banggakan,

Waktu berjalan dengan cepat, tidak terasa kita telah berada dipenghujung akhir tahun 2021. Banyak suka dan duka telah kita lewati di tahun 2021 ini. Seperti telah pernah saya sampaikan pada sambutan Menyambut Tahun Baru 2021 yang lalu, tahun 2021 merupakan tahun-tahun yang sulit akibat Pandemi Covid-19. Dipertengahan tahun 2021 merebak varian Delta yang melanda dunia, tidak terkecuali Indonesia dan Jepang. Di Indonesia kita mengalami tingginya positivity rate diikuti dengan tingginya okupasi Rumah Sakit yang telah melebihi kapasitasnya serta juga diiringi oleh tingginya tingkat kematian. Banyak saudara kita, sahabat, rekan dan orang yang kita kenal mendahului kita karena Pandemi ini. Untunglah situasi yang dramatis ini dapat segera dikendalikan utamanya di Indonesia dan Jepang. Sehingga situasi pada akhir tahun 2021 ini berangsur-angsur berada pada situasi new normal.

Betapapun beratnya situasi tahun 2021 ini, terutama karena kita belum dapat memberangkatkan Trainee ke Jepang, tidak mematahkan semangat kita dan menjadikan kita berputus asa. Meskipun terpaksa tidak bisa bekerja full time di kantor, kita tetap menjalankan tugas-tugas kita secara maksimal. Demikian juga kita mencoba untuk mengakali situasi ini dengan sikap yang kreatif. Salah satu bukti dari hasil kerja dan kreativitas ini PT JIAEC memperoleh anugerah Juara Pertama Kategori Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri pada Pelatihan & Vokasi Award tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI pada akhir bulan November 2021 yang lalu. Mudah-mudahan pengakuan ini akan selalu menjadi penyemangat kita dalam bekerja untuk memposisikan diri selalu “one step ahead” di depan SO-SO Indonesia lainnya.

Pada awal November 2021 Pemerintah Jepang mengeluarkan kebijakan untuk mulai membuka kembali penerimaan orang asing termasuk Trainee asing untuk masuk ke Jepang. Pada saat harapan baru timbul dan kita sedang menyiapkan untuk memberangkatkan para Trainee di minggu ketiga bulan Desember 2021, muncul varian baru Covid-19 Omicron yang merebak di dunia. Pemerintah Jepang mengubah kebijakannya dan menutup kembali masuknya orang asing ke Jepang sampai dengan akhir Desember 2021 ini. Informasi terakhir yang diperoleh, ketentuan tersebut akan diperpanjang sambil melihat perkembangan kasus varian Omicron.

Harapan yang telah timbul pupus kembali. Untuk itu kita harus kembali bersabar dan yakin bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, pada awal tahun 2022, para Trainee akan dapat diberangkatkan kembali dan segera memulai program pemagangannya di Jepang.

Mungkin ke depan masih banyak rintangan dan kesulitan yang harus kita hadapi, tetapi kita masih punya kesabaran, semangat dan optimisme bahwa semuanya itu akan dapat diatasi. Kita akan selalu ingat bahwa : “Sesungguhnya Beserta Kesulitan Ada Kemudahan”. Yakinlah bahwa aktivitas dan kehidupan kita akan kembali seperti sediakala meskipun dalam format yang lebih adaptative.

Selamat tinggal tahun 2021. Selamat datang tahun 2022, kami siap menyongsongmu dengan harapan yang baik.

Salam sehat, laksanakan selalu Protokol Kesehatan. Lindungi diri kita, lindungi keluarga kita, lindungi lingkungan kita.

Depok, 29 Desember 2021
PT JIAEC

Wahju Juliarso
Direktur Utama