Rabu, 05 Desember 2018 sejumlah 224 siswa telah berkumpul di Depok Training Center. Siswa ini adalah siswa yang akan diberangkatkan ke Jepang pada bulan Februari 2019. Sampai saat ini, 224 orang  merupakan siswa terbanyak yang masuk ke Depok Training Center dalam satu angkatan atau periode pelatihan. 

Para siswa diwajibkan datang ke Depok TC H-1 dari jadwal pelatihan. Rangkaian penerimaan siswa baru diawali dengan pembagian masker dan pengelompokan siswa berdasarkan kelasnya. Sebelum masuk lingkungan TC,  seluruh siswa diwajibkan untuk mencuci kaki, mencuci tangan dan berkumur. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjangkitnya penyakit, terutama penyakit yang dapat menular.  Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan  pemeriksaan barang bawaan siswa yang dilakukan secara bersama-sama di aula oleh sensei yang bertugas. Untuk pemeriksaan barang siswi ( perempuan ) dilakukan di tempat terpisah.

 

 

Apabila ditemukan barang yang tidak diperbolehkan dibawa ke Depok Training Center seperti senjata tajam, obat-obatan terlarang, serta pakaian yang sekiranya tidak pantas untuk di kenakan selama pelatihan, barang tersebut akan disimpan oleh sensei yang bertugas dan dilaporkan kepada Manager atau Direktur Pelatihan. Setelah selesai pemeriksaan barang, kegiatan selanjtnya adalah  pemeriksaan fisik siswa yang bertujuan untuk mengetahui apakah siswa ada masalah dengan fisiknya dan untuk mengecek apakah siswa ada masalah dengan kulitnya. Jika ada siswa yang bermasalah, segera melapor ke bagian medikal untuk dilakukan penanganan – penanganan.Untuk siswa yang diketahui terdapat penyakit  menular seperti scabies, cacar air atau herpes akan diminta kembali ke rumahnya masing – masing untuk melakukan pengobatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan kepada siswa yang lain.

 

 

Setelah rangkaian penerimaan siswa baru selesai, hari berikutnya seluruh siswa baru wajib mengikuti kegiatan orientasi. Kegiatan orientasi ini bertujuan untuk :

  1. Memperkenalkan lingkungan Depok Training Center,
  2. Memperkenalkan seluruh staf yang bekerja di Depok Training Center,
  3. Untuk lebih memahami lagi tentang program pemagangan di Jepang,
  4. Sebagai wadah untuk saling mengenal antar siswa terutama teman satu kelas dan teman satu perusahaan,
  5. Menumbuhkan mental dan kepercayaan diri yang kuat kepada seluruh siswa,
  6. Menumbuhkan rasa peduli sesama teman dan lingkungan sekitar, serta
  7. Menumbuhkan rasa kekeluargaan antar seluruh siswa.

 

Dengan diadakannya rangkaian kegiatan penerimaan siswa baru, diharapkan seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan baik dan semangat hingga akhir pelatihan.